Analisa Lengkap Usaha Budidaya Cabe Merah

Untuk melakukan suatu usaha maka kita harus menganalisa terlebih dahulu jenis usaha kita untuk melihat prospek dan peluang untuk melakukan usaha tersebut. Jika usaha tersebut prospeknya baik dan peluangnya juga besar maka kita dapat melakukan usaha tersebut. Salah satu usaha pertanian yang peluang dan prospeknya sangat bagus adalah melakukan usaha budidaya cabe merah. Berdasarkan analisis beberapa pasar bahwa dengan usaha cabe merah tersebut maka kita akan mendapatkan keuntungan. Karena sekarang kita tahu bahwa harga cabe sudah naik dan harganya juga sangatlah mahal, meskipun untuk cabe merah sendiri naiknya tidak begitu banyak dari cabe rawit namun untuk melakukan usaha tersebut sangatlah menguntungkan.

Permintaan akan cabe merah ini di pasar juga sangat banyak, jadi akan lebih menguntungkan sekali untuk kita yang membudidayakan cabe merah. Untuk melakukan usaha cabe merah ini sebaiknya anda melakukan analisis terlebih dahulu sebelum melakukan usaha tersebut. Meskipun kita sudah tahu peluang dan juga prospek usaha cabe merah tersebut namun anda harus tetap mengadakan analisis diberbagai pasar mengenai harga cabe merah dan juga permintaan konsumen akan cabe merah. Dalam hal ini berarti anda harus survei langsung ke pasar-pasar, dan melakukan kegiatan tersebut.

Jika anda sudah melakukan kegiatan tersebut maka anda sudah dapat melakukan usaha budidaya cabe merah tersebut. Sama seperti Panduan Lengkap Budidaya Jamur Kancing yang telah kami bahas sebelumnya, lakukanlah usaha ini dengan baik dan benar, agar usaha anda dapat menghasilkan cabe merah yang berkualitas tinggi dan banyak peminatnya. Selain itu dengan kualitas cabe merah yang bagus maka anda dapat menjual cabe merah dengan harga yang sedikit lebih mahal. Namun anda jangan mematok harga cabe merah yang melebihi harga standarnya namun sedikit lebih mahal dari yang sebenarnya. Untuk melakukan usaha budidaya cabe merah, maka anda harus melakukan beberapa analisa lengkap tentang budidaya cabe merah, yaitu antara lain :

Cara budidaya cabe merah

Ada beberapa cara untuk melakukan budidaya cabe merah, cara ini harus dilakukan dengan benar dan juga tepat. Agar anda menghasilkan cabe merah yang segar-segar, besar-besar dan juga berkualitas. Cara untuk membudidayakan tanaman cabe merah ini anda harus banyak memerhatikan beberapa hal terkait dengan budidaya cabe merah yaitu anda harus memerhatikan perawatannya, pemeliharaannya, penanamannya, pemilihan benihnya, pemupukan hingga panennya. Beberapa hal tersebut harus anda lakukan dengan sebaiknya-baiknya, agar anda mendapatkan cabe merah yang baik pula.

cara budidaya cabe merah

Sebenarnya untuk membudidayakan tanaman cabe merah ini tidaklah sulit, jika kita melakukannya dengan benar maka kita tidak akan kesusahan dalam membudidayakannya. Namun hal yang menyulitkan untuk membudidayakan tanaman cabe merah adalah cara merawatnya. Untuk merawat cabe merah tidaklah mudah, karena banyak pengganggu tanaman ini yaitu berbagai macam hama dan juga penyakit. Selain itu tanaman cabe merah ini sangat sensitif dengan keadaan cuaca dan iklim. Tanaman cabe ini mudah berubah jika keadaan cuaca dan iklimnya juga berubah.

Jika pada saat musim panas maka cabe merah mudah kering dan layu, namun jika pada saat musim penghujan maka cabe merah mudah membusuk. Untuk itu sangatlah sulit untuk merawat tanaman cabe merah ini. Harus memang dilakukan dengan hati-hati dan juga kerja keras. Namun meskipun begitu anda tidak perlu khawatir untuk merawat cabe merah karena usaha keras yang dilakukan pasti akan mendapatkan hasil yang maksimal pula. Selain anda memerhatikan perawatannya maka anda juga harus memerhatikan pemilihan bibit yang bagus untuk dibudidayakan. Bibit yang kita pilih haruslah bagus karena ini akan berpengaruh besar terhadap budidaya tanaman cabe merah kita. Jika kita memilih bibit yang bagus dan berkualitas maka nanti hasilnya juga akan bagus pula, selain itu kita juga tidak perlu melakukan perawatan yang keras.

Memang untuk mendapatkan bibit cabe merah ini cukup mahal, harganya hampir sama dengan  harga jadi cabe merah. Namun meskipun begitu dengan kita memilih bibit yang baik, itu akan memudahkan kita dalam membudidayakannya. Cara selanjutnya yang perlu anda perhatikan pada saat akan membudidayakan tanaman cabe merah adalah penanamannya. Penanaman harus dilakukan yang benar jangan sembarangan. Gunakanlah lahan kososng yang tidak digunakan, sebelum anda menanamkan bibit cabe merah anda di lahan tersebut, pastikan bahwa tanah yang digunakan untuk budidaya tanaman cabe merah adalah tanah yang masih subur dan memiliki kelembaban yang baik. Jangan sampai tanah yang digunakan tandus dan tidak memiliki unsur hara. Karena jika tanah yang digunakan tandus dan tidak adanya unsur hara yang terkandung didalamnya maka tanaman cabe merah anda tidak akan bisa tumbuh.

Jika anda sudah menemukan lahan yang cocok untuk ditanamani tanaman cabe merah maka anda bisa menanamkan cabe merah anda tersebut disitu. Setelah anda sudah tanamkan cabe merah anda, maka anda beri pupuk secukupnya dan kemudian disiram dengan air. kegiatan penyiraman pada tanaman cabe merah harus dilakukan setiap hari sebanyak 2 kali. Hal ini dilakukan agar cabe merah selalu segar dan dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. selain itu juga dapat mempercepat pertumbuhan tanaman cabe merah anda.

Itu beberapa cara dalam membudidayakan tanaman cabe merah, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan dalam membudidayakan tanaman cabe merah, dari awal pemilihan bibitnya hingga sampai akhir panennya nanti. Anda harus memperhatikan itu semua dengan baik. Agar hasil yang didapatkan juga baik pula.

Memilih bibit cabe merah yang baik

Untuk memulai suatu usaha budidaya tanaman cabe merah maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah pemilihan bibit cabenya. Namun dalam memilih jenis bibit cabe yang akan digunakan tentunya harus baik. karena bibit yang kita gunakan nanti akan berdampak pada tanaman cabe yang kita budidayakan. Untuk mendapatkan bibit cabe merah kita dapat membelinya di kios-kios pertanian di pasar, atau juga kita dapat membelinya pada petani yang sudah membudidayakan tanaman cabe merahnya.

bibit cabe merah unggulan

Bibit cabe merah yang baik yaitu bibit cabe yang memiliki ciri fisik yang bagus yaitu dari bentuknya, ukuran dan juga warna benih yang digunakan untuk budidaya tanaman cabe merah. Benih yang akan kita gunakan untuk budidaya cabe merah haruslah sama, selain itu permukaan kulitnya juga bersih tidak ada kerusakan dan juga keriput, warnanya harus tampak lebih cerah. Itu beberapa hal yang harus anda perhatikan dalam membeli bibit cabe merah yang baik. Bibit cabe merah ini bisa anda temukan di berbagai toko pertanian, atau kios-kios pertanian.

Pada saat anda membeli bibit cabe merah dan anda menemukan bercak-bercak pada bibit cabe merah anda, sebaiknya anda jangan membelinya atau jika anda manemukan bibit yang berwarna kurang cerah anda juga sebaiknya tidak membelinya. Karena bisa saja bibit tersebut sudah tidak dapat lagi di budidayakan atau juga sudah mengalami kerusakan. Anda harus berhati-hati dalam memilih bibit tanaman cabe merah. Anda juga dapat membeli bibit siap tanam. Namun jenis bibit ini mudah sekali mati, apalagi jika dalam waktu lama tidak segera ditanam maka bibit ini akan mengalami kerusakan dan akhirnya tidak dapat dibudidayakan. Namun bagi anda yang ingin segera membudidayakan tanaman cabe merah, maka anda dapat membeli jenis bibit tersebut.

Itu beberapa hal yang harus anda perhatikan dalam memilih jenis bibit cabe merah yang baik. anda harus memperhatikan bentuknya, ukurannya dan juga warnanya. Jika anda menemukan beberapa masalah yang terjadi pada bibit cabe merah tersebut maka sebaiknya anda tidak usah membelinya. Karena mungkin saja bibit tersebut sudah tidak dapat digunakan lagi dan juga sudah mengalami kerusakan. Jadi perhatikanlah dengan baik, agar anda tidak salah dalam memilih bibit anda. Awal dari membudidayakan cabe merah adalah dari pemilihan bibit yang baik.

Media tanam budidaya cabe merah di rumah

Media yang perlu anda siapkan pertama kali pada saat akan memulai budidaya tanaman cabe merah adalah lahan yang akan digunakan. Lahan yang akan digunakan pada budidaya tanaman cabe merah adalah lahan yang memiliki kelembaban yang baik, selain itu tanah yang terkandung didalamnya adalah tanah yang banyak mengandung unsur hara. Selain itu lahan yang digunakan ini harus berada pada ketinggian 1400 meter dpl, karena dengan ketinggian tersebut maka tanaman cabe merah dapat tumbuh dengan baik. Sebenarnya tanaman cabe merah juga dapat tumbuh didaerah rendah namun pertumbuhan pada cabe merah tersebut tidak maksimal.

media tanam cabe di rumah

Anda juga harus pastikan suhu pada daerah lahan tersebut, suhu yang baik untuk budidaya tanaman cabe merah adalah 24-28 derajat celcius. Suhu ini suhu yang normal, tidak dingin ataupun panas. Karena jika terlalu dingin dan juga panas maka dapat mengganggu pertumbuhan dari cabe merah. Setelah anda sudah mendapatkan lahan yang cocok untuk budidaya tanaman cabe merah maka media selanjutnya kapur, kapur ini digunakan untuk menetralisir keadaan tanah. Tanah yang bagus untuk budidaya tanaman cabe merah adalah tanah yang memiliki keasaman tanah pH 6-7. Jika tanah memiliki keasaman yang rendah maka daun pada tanaman cabe akan terlihat pucat. Untuk itu, agar mendapatkan pH yang sesuai maka pemberian kapur pada daerah sekitar tanaman cabe merah. Kapur ini juga dapat digunakan untuk menetralisir pertumbuhan ilalang. Biasanya kapur ini digunakan pada saat pembajakan dan juga pembuatan bedengan.

Media yang diperlukan selanjutnya adalah pupuk. Dalam menggunakan pupuk, anda dapat menggunakan pupuk organik untuk tanaman cabe merah anda. Pupuk ini digunakan untuk menyuburkan tanah dan juga menjaga kelembaban tanah. Pupuk dapat diberikan pada saat benih ditanam atau pada saat saat yang diperlukan. Pemberian pupuk itu tidak harus dilakukan setiap hari, dapat dilakukan sesuai dengan keinginan. Pemberian pupuk ini diberikan sebanyak 20 ton per hektar. Selain anda menggunakan pupuk organik, maka anda juga bisa tambahkan pupuk urea. Fungsi dan kegunaannya juga sama.

Media selanjutnya adalah sediakan mulsa plastik. Mulsa plastik ini biasanya digunakan untuk menutupi tanah yang sudah ditanami bibit tanaman cabe merah. Mulsa ini berfungsi untuk mempertahankan kelembaban, menekan erosi, mengendalikan gulma dan juga menjaga kebersihan kebun.

Pemupukan cabe merah yang baik

Dalam membudidayakan tanaman cabe merah, ada beberapa hal yang harus diperhatikan salah satunya adalah memberikan pupuk yang baik untuk tanaman cabe merah anda. Pupuk ini berguna untuk meyuburkan tanah, selain itu pupuk juga merupakan nutrisi bagi tanah. Jika tanah memiliki nutrisi yang baik maka tanaman juga akan baik tentunya. Namun pupuk yang baik tidaklah cukup, dalam memberikannya anda juga harus bai, yaitu sesuai dengan dosis dan juga takaran dalam setiap hektarnya. Pupuk ini diberikan pada saat sebelum mulsa plastik ditutup. Jadi sebelum mulsa palstik tertutup maka, anda harus memberikan pupuk terlebih dahulu pada tanaman cabe merah anda. Pupuk yang dapat anda gunakan adalah pupuk organik dan juga kandang. Namun anda juga dapat menggunakan jenis pupuk yang lainnya seperti Za, SP 36, KCI serta dolomit. Pupuk tidak selalu diberikan, anda dapat mamberikannya pada saat musim-musim tertentu. Biasanya pada saat musim penghunjan anda dapat memberikan jenis pupuk Za, 36,KCI dan dolomit. Pada setiap pupuk ini memiliki dosis yang berbeda-beda. Untuk pupuk Za dosis yang diberikan adalah 250 kg, sedangkan untuk 36 yaitu 400 kg, KCI sebanyak 400 kg  serta untuk dolomit adalah 3 ton.

pupuk cabe merah yang baik

Pemupukan dapat dilakukan sebanyak 5 kali, yaitu pada pemupukan pertama pada saat tanaman cabe merah berumur 10 HST. Setelah itu pemupukan yang kedua dilakukan pada saat umur cabe merah 17 HST, untuk pemupukan yang ketiga berumur 25 HST, dan pemupukan selanjutnya dilakukan pada saat umur 35 HST dan yang terakhir adalah berumur 43 HST. Pemupukan inin dilakukan dengan benar, setiap kali pemupukan itu berbeda-beda dosisnya. Hal ini didasarkan pada umur setiap cabe merahnya.

Itu beberapa langkah yang harus anda lakukan dalam memberikan pupuk pada tanaman cabe merah anda. Lakukanlah pemupukan ini dengan baik, perhatikan juga cara dan juga langkahnya agar anda tidsk salah dalam memberikan pupuk pada cabe merah anda.

Mengatasi hama pada cabe merah

Hama merupakan suatu permasalahan dalam setiap tanaman. Ada beberapa jenis hama pengganggu tanaman anda. Khususnya pada tanaman cabe merah, banyak sekali hama yang dapat kita temukan yaitu seperti ulat, lalat, cendawan  dan berbagai jenis hama lainnya. Hama dapat menyebabkan berbagai gejala seperti timbunya bercak daun, daun berubah warna jadi lebih gelap, gugurnya daun karen rusak dan yang terakhir berdampak pada cabenya yaitu keriting dan mengering.

Hama ini dapat merusak tanaman cabe anda untuk itu anda harus mengantisipasinya agar hama tersebut tidak menyerang tanaman cabe merah anda. Untuk mencegah agar cabe merah tidak keriting maka anda dapat menyemprotkan fungisida dithane M 45, antracol, cupravit dan difalotan. Penggunaan ini sekitar 0,2-0,3%. Jika sendainya anda menemukan salah satu cabe anda keriting maka untuk mengantisipasi agar tidak terjangkit pada yang lainnya adalah dengan mencabut salah satu tanaman cabe merah anda atau membakarnya.

Sedangkan untuk mengatsi cabe yang layu yaitu dengan pada saat pembenihan rendamlah benig cabe merah tersebut dalam bakterisida agrimycin atau agrept sebanyak 0,5 gr/lt selama 5-15 menit. Layunya cabe ini disebabkan oleh bakteri layu. Penyebaran bakteri ini dapat melalui benih, bibitm bahan tanaman yang sakit, residu tanaman, irigasi, serangga nemotoda dan juga alat-alat pertanian. Gejala ini terjadi secara mendadak, jadi tanpa kita kita ketahui cabe merah kita terjangkit oleh bakteri ini, dan biasanya cabe merah tiba-tiba akan mati.

Selain itu kita juga sering menemukan bercak daun pada tanaman cabe merah. bercak ini akibat dari penyakit antraknose atau patek. Gejala ini ditandai dengan terbentuknya bintik-bintik kecil kehitaman dan berlekuk, serta tepi bintik berwarna kuning. Lakukan akan terus membesar dan memanjang, dalam hal ini cabe merah akan mengalami pembusukan. Cara untuk mengatasi bercak ini adalah dengan melakukannya pada saat penanaman benih cabe merah. Rendam terlebih dahulu benih cabe merah tersebut dalam larutan fungisida berbahan aktif benomyl atau thiram dengan dosis 0,5/lt atau anda juga dapat menggunakan lariutan fungisida dalam larutan captan dengan dosis 1gr/lt. Lama perendaman benih antara 4-8 jam.

Itu beberapa jenis hama dan juga penyakit yang sering menyareng tanaman cabe marah. Jika anda menemukan masalah tersebut maka anda dapat melakukan pencegahan dan juga penanggulangannya dengan baik. Namun sebaiknya anda lakukan pencegahan dari awal pembibitan, karen sudah diterangkan bahwa hama atau penyakit yang terjadi pada tanaman cabe merah dapat terjadi pada awal pembenihan. Untuk itu harus segera dicegah sejak awal agar tidaj berdampak pada kelanjutan dan juga pertumbuhan tanaman cabe merah.

Harga jual cabe merah di pasaran

Harga cabe merah pada saat ini memang sedang naik, yaitu sekitar 20 sampai 25 ribu per kilonya. Harga ini memang sedikit berbeda dengan vabe rawit yang harganya jauh lebih mahal. Namun meskipun begitu dengan harga tersebut anda sudah dapat keuntungan walaupun sedikit. Ada beberapa pasar yang menjual cabe merah ini dengan harga yang berbeda beda, ada yang lebih mahal sampai dengan yang murah. Hal ini dilakukan biasanya tergantung dengan kondisi dan juga kualitas dari cabe merah. Jika cabe merah banyak yang mengalami busuk dan keriting maka cabe merah dapat dijula murah, sedangkan jika cabe merah terlihat sehat dan juga segar-segar maka harga cabe akan lebih mahal.

Harga setip cabe merah ini tergantung dari kondisi cabe merah tersebut. Jadi jika anda ingin menjual cabe merah sedikit lebih mahal, maka kondisi dan juga kualitas cabe merah anda harus baik. Agar konsumen pasar tertarik dengan produksi tanaman cabe merah anda. Ini merupakan peluang anda untuk melakukan usaha budidaya tanaman cabe merah tersebut. Mumpung harga cabe masih mengalami kenaikan maka anda dapat memanfaatkan peluang ini untuk usaha budidaya cabe merah. Dengan usaha budidaya cabe merah ini anda akan mebdapatkan banyak keuntungan karena masih melonjaknya harga cabe merah.

Berdasarkan analisis dipasar bahwa peminat cabe merah ini sangatlah banyak, karena cabe merah dapat digunakan untuk berbagai macam makanan bahkan campuran untuk bahan makanan. Jadi tidak heran bahwa banyak konsumen yang ingin membeli cabe merah ini. Cabe merah ini juga dapat mengantikan cabe rawait yang harganya lebih mahal dibandingakan dengan cabe merah ini. Meskipun soal pedasnya dari cabe tersebut tidak begitu kuat seeprti cabe rawit namun cabe merah ini dapat menggantikan bahan yang berasal dari cabe rawit. Dengan demikian, para konsumen pasar akan lebih memilih cabe merah dibandingkan dengan cabe rawit. Itu analisis harga cabe merah yang berada dipasar. Meskipun tidak semua pasar mematok harga cabe merah yang sama, namun harga cabe merah tidaklah jauh dari harga 25 ribuan

Incoming search terms:

  • analisa usaha cabe merah keriting
  • jlskan tentang budidaya tanaman cabai
  • analisa usaha tani cabe merah keriting
  • content
  • kesusahan tanam cabe
  • usaha cabe merah
Analisa Lengkap Usaha Budidaya Cabe Merah | budidaya | 4.5